Tuesday 21 July 2020

Tanda Tangan Elektronik : Perbedaan Certify dan Sign Pada Tanda Tangan Elektronik





Apa bedanya Certify dan Sign pada tanda tangan elektronik ?

Saat tanda tangan elektronik menggunakan aplikasi Nitro, ada 2 (dua) pilihan yaitu certify dan sign

contoh tanda tangan elektronik tipe sign



contoh tanda tangan elektronik tipe certify





Penggunaan tanda tangan elektronik tipe sign jika dokumen tersebut masih diperbolehkan penambahan tanda tangan elektronik lagi atau multisign. Namun jika tidak ada dokumen elektronik yang ditanda tangani secara elektronik dan tidak mengizinkan untuk ditanda tangani lagi bisa menggunakan tanda tangan elektronik tipe Certify.

Dalam tanda tangan elektronik tipe Certify ada pilihan permission, yaitu 
  1. Disallow any changes /Larang perubahan apa pun : Nonaktifkan semua yang dapat digunakan untuk mengubah file, seperti mengedit, mengomentari, mengisi formulir, dan menandatangani. Jika ada perubahan pada dokumen setelah ditandatangani, dokumen tidak valid.

  2. Only allow form fill-in actions/ Hanya izinkan tindakan pengisian formulir: Menonaktifkan semua alat yang dapat digunakan untuk mengubah file, kecuali untuk alat mengisi dan menandatangani formulir. Jadi kalau ada pengisian form pada pdf dokumen yang di tanda tangani tetap valid

  3. Only allow commenting and form fill-in actions/ Hanya izinkan komentar dan formulir tindakan pengisian : Menonaktifkan semua yang dapat digunakan untuk mengubah file, kecuali untuk formulir yang mengisi, menandatangani, dan komentar. Contoh penggunaan ketika meninjau kontrak yang mungkin memerlukan tanda tangan dan komentar selama tahap peninjauan. jika diberikan komentar maka dokumen yang ditanda tangani masih valid.

Kalau tanda tangan elektronik menggunakan Adobe Acrobat menu tanda tangan elektronik Certifiy adalah dengan check LOCK saat tanda tangan elektronik



Kalau di pemrograman ada pilihan certification level yaitu
"NOT_CERTIFIED"
"NO_CHANGES_ALLOWED"
"FORM_FILLING"
"FORM_FILLING_AND_ANNOTATIONS"

untuk tanda tangan tipe sign pilihannya "NOT CERTIFIED"
untuk tanda tnagan tipe certify pilihannya "NO_CHANGES_ALLOWED", "FORM_FILLING" dan "FORM_FILLING_AND_ANNOTATIONS"

0 comments:

Post a Comment