Thursday 18 June 2020

Tanda Tangan Elektronik : Invisible dan Visible

Masih inget kan ya, tanda tangan tersertifikasi ?
Dalam penerapannya di dokumen PDF terdapat dua jenis yaitu invisible dan visible. 

Tanda Tangan Elektronik Invisible
Tanda tangan elektronik invisible merupakan bentuk tanda tangan didokumen PDF yang tidak manampilkan spesimen tanda tangan di halaman dokumen PDF. Ini hanya dapat dilihat di panel Tanda Tangan sebagai daftar informasi tentang tanda tangan. Informasi itu termasuk nama penandatangan, waktu penandatanganan, validitas tanda tangan, alasan penandatanganan, lokasi penandatanganan, nomor revisi dokumen, dan metode penandatanganan.




Tanda Tangan Elektronik Visible
Tanda tangan elektronik visible merupakan bentuk tanda tangan didokumen PDF yang manampilkan spesimen tanda tangan di halaman PDF. Spesimen ini bergantung pada kebijakan, apakah yang ditampilkan gambar tanda tangan basah yang discan, cap atau hanya tulisan saja. Untuk validasi bisa dilakukan dengan 2 (dua) cara di adobe, dengan klik spesimennya atau melihat di panel tanda tangan.

Kedua jenis tanda tangan tersebut memastikan integritas dokumen. Informasi sertifikat elektronik dapat dilihat ketika memvalidasi tanda tangan. Namun, tanda tangan visible dapat muncul pada dokumen yang dicetak secara fisik (ini dapat berguna jika salinan dokumen yang dicetak juga digunakan atau diarsipkan).

Pemilihan tanda tangan elektronik Invisible atau Visible tergantung pada kebijakan organisasi.


0 comments:

Post a Comment